Kamis, 15 Juli 2010

Antara Bisnis Internet dan Latah menjual ebook

Bisnis internet? Beberapa tahun terakhir ini, bisnis di internet memang sedang marak-maraknya berkembang di indonesia. Banyak orang yang berlomba-lomba dan menggebu-gebu mencoba yang namnya bisnis di internet. Saya tadi mencoba menanyakan kepada beberapa orang teman, dan saya sempat iseng-iseng bertanya pada mereka. "Kamu tau bisnis Internet ga?" dan jawaban mereka seagian besar sama. Yaitu "Oh.. yang jualan2 itu to? Yang jualan dan bisa kaya mendadak?" Hmm..m.. Saya sempat kaget juga dengan paradigma masyarakat indonesia, yang cenderung mengkultuskan kalau bisnis internet itu adalah iming-iming kaya mendadak dan cuma MLM doang...

Sangat disayangkan sekali...
Setiap orang dengan kata-kata internet, kalau tidak Video porno, ya bisnis2 cepat kaya. Rasaya tidak ada hal lain apa ya? Sampai sampai seperti pada cerita saya yang kemarin, bahwa ketika saya di tanya "wan kamu kerja dimana?", atau kalau orang tua yang nanya "Mas, njenengan ngasto teng pundhi?" saya sempat bingung apalagi kalau yang nanaya adalah orang tua. Kalau jawab bisnis internet.... pasti dikiranya buka Warnet. Sampai Kadang cuma cengar cengir sendiri.. :D

Mungkin sejauh yang saya tahu, perkembangan bisnis jualan ebook, yang paling terkenal adalah Pak Joko Susilo. Saya tahu betul webnya waktu dulu sekitar akhir tahun 2006-2007, yang waktu itu masih memerkan mobilnya yang namanya "si Blacky" keluaran tahun 90an kalau tidak salah, dan samapi sekarang sudah memamerkan CRV sampai sudah sukses beli tanah sewa kantor dan rumah. Mungkin beliau adalah salah satu pionir bisnis internet dalam hal menjual ebook. Dan sayangnya, dari situlah bisnis jualan ebook makin menjmur di indonesia. Entah itu dengan kata-kata Tarik tunai ATM tanpa mengurangi saldo, MLM, Smart machine sistem dan lain-lain. Yang intinya menggunakankalimat-kalimat pemasaran yang luar biasa menghipnotis.

Bisnis Internet sekarang sudah sangat dipenuhi dengan produk-produk baru yang hampir 70% adalah menjual informasi. Apakah ini salah? Ya tidak juga.
Sebenarnya, bisnis internet sangat sangat luas, dan prospeknya semakin hari semakin luas. Kita tidak perlu sewa tempat yang harganya jutaan, tidak perlu buka toko yang modalnya puluhan bahkan ratusan juta. Cukup bermodalkan web blog, kita sudah menghasilkan jutaan rupiah. Anda tidak percaya? Saya kasih contoh salah satu jualan saya yang hanya bermodalkan blog, yaitu http:/rajasirih.blogspot.com/ yang hanya menjual aneka macam sirih merah Bisa anda bayangkan berapa hasilnya? Kira2 Apakah ada yang mau beli? Tapi ya lumayan, ternyata dengan blog yang gratisan, bisa buat tambah-tambah beli rokok. Mungkin omsetnya, Kalau di hitung2 dari awal sampai hari ini, mungkin sudah lebih dari 20jt. Jadi, berpikirlah yang sederhana... Tidak perlu harus belajar PHP dulu, atau beli domain, atau hosting. Lakukan yang sekarang anda bisa dulu saja. Biarkan waktu dan usaha yang membuktikan. Apalagi anda baru terjun di dunia maya. Saya katakan, dunia maya adalah dunia hutan rimba... Jangan sampai anda tersesat didalamnya.

Tips dari saya, coba sesekali anda jalan-jalan keluar, tengok kanan kiri. Lihat ap kira2 yang bisa di jual. Kalau tetangga anda kebetulan adalah penjual sepatu bola, langsung saja ambil kamera. Minta ijin foto2 dan tanya2 harga. Posting di blog. Jual grosir sepatu bola !!! Mudah kan? Atau mungkin di tempat anda sedang panen kacang tanah. Langsung saja cari pasar di internet. Jangan lupa buka google dan ketikan "Beli kacang tanah" mudah kan?

Bisnis seperti itu kang... Usahakan jangan latah, cari kreasi2 baru...
Tidak ada yang enak, kecuali tidur...
Selamt mencoba, salam...

5 komentar:

Ryan Blog mengatakan...

wah. Inspirasi. Bner2 membuka pikiran. Makasih sob

Awan ukaya mengatakan...

@ KANG uchiha : Selamat mencoba, semoga berhasil kang :)

Adjie mengatakan...

ya ya ya ya .... begitu ya. makasih makasih

Bisnis Online mengatakan...

Tiru, teliti, edit itu yang paling mudah

Anonim mengatakan...

Sipp Boss

Posting Komentar

Jangan Permalukan Webmu dengan Spamming ya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting