Selasa, 29 September 2009

Cara Mengganti Blogspot ke domain sendiri

cara mengganti domain blogspot ke domain sendiri. Mungkin ada beberapa blogger yang masih bingung bagaimana caranya kita beralih dari blogspot ke domain sendiri (.com, .net, .info dll). Nah, kali ini aku mau nyoba berbagi pengalaman sama temen-teman semua. Tidak dapat di pungkiri, ternyata Google lebih menghargai domain sendiri dari pada blog gratisan untuk Optimasi SEO. Hal ini sudah aku buktikan di beberapa blogku. Mungkin bagi yang masih bingung, akan ada pertanyaan: "Backlinkku gimana??" apakah domain baru tidak akan merusak posisi keywordku di google?? Ketakutan semacam ini memang wajar terjadi, dan awal mulanya aku juga begitu :) apalagi bagi teman-teman yang sudah mengumpulkan ribuan backlink, kalau hilang begitu saja, sayang dong...

Ok, aku jawab saja: Tidak masalah!!!
Setelah aku amati, ternyata Google mengalihkan/mengarahkan backlink dari blogku http://awanukaya.blogspot.com/ ke http://www.AwanUkaya.com/ jadi aku simpulkan "Aman!!" lalu kenapa aku beralih ke .com?? jawabannya:
1. Biar keren.....
2. Biar ganteng...
3. Biar dikira banyak duit..
4. Biar mudah di ingat saja hehehe..

Biasanya aku sangat ketat terhadap blog2ku. Kalau blogku belum bisa menghasilkan uang, biasanya tidak aku kasih Domain, tapi ketika blog tersebut bisa menghasilkan uang, minimal untuk domainnya ya dengan senang hati akan aku belikan hehehe.. tapi kenapa http://AwanUkaya.blogspot.com/ dibelikan domain?? Ya selain jawaban diatas itu, karena blog ini menyangkut nama besar Awan Ukaya wakakaka... (Ngibul banget).

Ok, kita lanjutkan.
Pertama2, tentunya kamu harus beli domain dulu. Misalnya .com. Harganya relatif murah, antara 60-100rb. Aku belinya 90rban



setelah itu kamu arahkan nameserver-nya ke layanan hosting gratisan http://dnspark.net/, jangan lupa daftar dulu disana. Untuk nameservernya, silahkan lihat gambar dibawah ini:



simpan perubahan.
Kemudian, silahkan login ke DNS Park dan klik "DNS Hosting" pada menu disamping kiri. Kemudian klik " Add Domains" dan pada pilihan kedua pada kotak "Enter new domain" ketikkan domain yang telah anda beli tadi tanpa www, cukup namadomain.com saja.



Kemudian, klik "Add Now" pada tulisan kanan atas. Kalau OK maka pada "Domain List" akan tampil domain yang anda masukkan tadi.



Keterangan Nomer gambar:
1. Ketika kamu sukses maka kamu akan mempunyai Domain list.
2. Ganti Type New --> CNAME (pilih)
3. HostName kamu ketikan www
4. TTL kamu biarkan saja 3600
5. IP Address, arahkan ke ghs.google.com

Pokoknya sama persis kaya yang digambar.

Langkah terakhir adalah pengalihan alamat blog anda dari blogger ke domain. Untuk itu silahkan login ke blogger dan masuk ke menu "Pengaturan" trus ke "Publikasikan" pilih pengaturan lanjut.



Pada pengaturan lanjut, masukkan nama domain kamu dengan lengkap yaitu www.namadomain.com dan beri centang pada tulisan "mengarahkan namadomain.com ke www.namadomain.com selanjutnya simpan setelan anda dan lihat hasilnya, mungkin akan perlu waktu sekitar 1x24 jam agar nama domain baru anda bisa di akses.

Nah... jadi deh..
Selamat mencoba. Jangan lupa, kalau habis ganti domain, kita makan-makan ya... :D



1 komentar:

awan ukaya mengatakan...

@ cerita hot: Astaga Wan... nyepam di blog NoFollow mah ga begitu ngruh kali. Wakakaka..

Posting Komentar

Jangan Permalukan Webmu dengan Spamming ya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting