Sabtu, 30 Juli 2011

Tips Mendidik Anak Dengan Baik



Mendidik anak dengan baik merupakan tugas setiap orang tua, tanpa terkecuali. Cara mendidik anak yang baik sejak dini sangat menentukan bagaimana perkembangan kedewasaan anak nantinya. Karena itu, orang tua harus tahu kiat-kiat mendidik anak yang baik agar setiap anak bisa berkembang secara maksimal. Kalau sudah begitu pastinya orang tua sendiri yang akan bangga melihat anaknya berhasil kelak.



Masih bingung bagaimana cara mendidik anak yang baik? Kami punya tipsnya untuk Anda:

- Jangan hanya memerintah, berikan contoh dengan mengajaknya ikut serta pada kegiatan sehari-hari yang positif. Misalnya mengajak membersihkan rumah bersama, membacakan buku cerita, mengajarkan mengaji, dan mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik lain yang diteladani dari Anda sendiri sebagai orang tuanya.

- Tanamkan kedisiplinan untuk mentaati waktu, yaitu waktu bermain, waktu belajar dan waktu tidur. Ibu adalah orang pertama yang harus bisa mengajarkan waktu-waktu kapan harus bermain dan kapan harus beristirahat. Selain kedisiplinan, hal ini juga bermanfaat untuk kesehatan anak itu sendiri.

- Hindarkan anak-anak dari hal-hal yang bersifat buruk. Hindari bertengkar di depan anak-anak, hindari juga menghukum anak dengan cara memukul karena anak-anak dikhawatirkan akan meniru setiap hal buruk yang dilakukan orang tua mereka. Selain itu, hindarkan juga tontonan-tontonan televisi yang berbau kekerasan dan merusak moral.

- Selalu sediakan waktu luang bersama anak-anak. Mengisi waktu luang bersama anak-anak, baik di rumah atau pergi berekreasi akan sangat bermanfaat mempererat hubungan Anda dengan anak-anak. Selain itu sediakan juga waktu untuk mendengar setiap masalah mereka dan membantu mereka menyelesaikannya.

Selamat menjadi pendidik yang baik bagi anak-anak Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Permalukan Webmu dengan Spamming ya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting

Copyright 2012 Awan ukaya: Tips Mendidik Anak Dengan Baik Template by Bamz | Publish on Bamz Templates