Selasa, 02 Agustus 2011

Sehat Dan Bugar Berpuasa Ramadhan



Puasa di bulan ramadhan merupakan amalan ibadah yang sangat sayang untuk dilewatkan bagi umat muslim. Agar Anda bisa penuh menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, Anda tentu perlu menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar. Apa saja yang perlu kita lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa Ramadhan?



Ini dia beberapa tips berpuasa sehat:

- Sambut Ramadhan dengan senang hati. Dengan hati senang epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat menghadapi puasa.

- Usahakan selalu makan sahur agar kebutuhan tubuh tetap tercukupi. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Hindari juga minuman kopi pada saat sahur karena kopi akan membuat kita lebih cepat mengalami dehidrasi atau kehausan.

- Untuk berbuka, awalilah dengan kurma dan air madu karena dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Hindari langsung menyantap makanan berat seperti nasi pada waktu berbuka, tapi laksanakan sholat Maghrib terlebih dahulu baru makan. Hindari juga berbuka dengan minuman dingin atau es, karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar.

- Tetap berolhrga ringan, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki agar tubuh tetap bugar. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran.

- Usahakan tidur yang cukup karena akan membuat badan selalu fit saat melaksanakan puasa esok hari.

- Kendalikan emosi dan usahakan selalu berfikir positif. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi dan berfikiran positif membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

Selamat berpuasa Ramadhan dengan sehat dan bugar.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Permalukan Webmu dengan Spamming ya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting

Copyright 2012 Awan ukaya: Sehat Dan Bugar Berpuasa Ramadhan Template by Bamz | Publish on Bamz Templates