Sabtu, 06 Agustus 2011

Puasa dan Manfaatnya Untuk Kesehatan



Puasa dan kesehatan, apa kaitannya? Mari kita pelajari bersama. Ternyata puasa dan kesehata mempunyai keterkaitan yang unik. Meski dipandang akan mengganggu pola makan dan pencernaan, puasa justru mengurangi beban kerja alat pencernaan. Enzim pun akan bekerja lebih baik. Juga, beban metabolisme tubuh akan berkurang, sehingga sel-sel di seluruh tubuh akan tetap sehat.



Bahkan ahli kesehatan sendiri mengatakan bahwa puasa justru membuat badan lebih bugar. Berpuasa dengan mengurangi konsumsi makanan hingga 10%-20% dari konsumsi makanan sehari-hari dengan komposisi zat gizi seimbang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran yang lebih baik.

Puasa diibaratkan seperti operasi yang membuang sel-sel yang rusak atau lemah dari bagian tubuh yang sakit, selanjutnya memberi kesempatan kepada peremajaan sel-sel sehingga lebih aktif. Ini karena dalam keadaan puasa tubuh akan menggunakan zat-zat makanan yang tersimpan. Sekiranya zat makanan tersebut habis, maka mulailah digunakan atau dioksidasi jaringan-jaringan tertentu. Bagian tubuh yang paling pertama digunakan adalah bagian yang terlemah atau sakit seperti jaringan dengan peradangan atau pernanahan. Dari jaringan tersebut yang pertama di proses adalah jaringan yang rusak atau telah tua, untuk selanjutnya dikeluarkan oleh tubuh.

Berpuasa juga melindungi kita dari penyakit gula. Pada waktu puasa kadar gula darah akan turun. Hal ini menyebabkan kelenjar pankreas berkesempatan untuk istirahat. Selain itu, puasa juga dapat mengurangi berat badan yang berlebih pada orang yang mengalami obesitas karena lemak dalam tubuh akan berkurang, tentunya dengan pola sahur dan buka serta olahraga saat puasa yang tepat.

Setelah mengetahui beberapa fakta tentang puasa dan manfaatnya bagi kesehatan kita, semoga Anda makin bersemangat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Permalukan Webmu dengan Spamming ya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting

Copyright 2012 Awan ukaya: Puasa dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Template by Bamz | Publish on Bamz Templates