Selasa, 09 Agustus 2011

Tips Mengurangi Gejala PMS



Pernah mengalami nyeri perut hebat disertai perubahan mood yang drastis menjelang menstruasi? Inilah yang disebut dengan Pre Menstuation Syndrome atau biasa disingkat PMS.



Secara ilmiah, PMS terjadi disebabkan ketidakseimbangan kimia tubuh yang berkaitan dengan mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh. Pada kondisi PMS, hormon estrogen don progesteron tidak seimbang. Kadar estrogen menjadi lebih tinggi ketimbang hormon progesteron. Hormon lain juga terlibat, yang menyebabkan gejala berbeda pada tiap orang dan menyebabkan tingkat gula darah menjadi rendah.

Gejala PMS mulai menyerang Anda pada 10-12 hari menjelang menstruasi dan biasanya hilang sendiri setelah datang bulan. Gejala PMS sendiri menyerang secara psikologis maupun fisik. Secara psikologis yaitu mencakup kecemasan, mudah tersinggung, gangguan mood yang ringan atau berat, mudah marah, depresi, menangis, menjadi lupa, bingung dan insomnia. Sedangkan gejala fisik yang dapat terjadi seperti sakit kepala, kelelahan, pusing, nyeri persendian, perut tegang, sakit punggung, sembelit hingga pingsan akibat nyeri yang amat hebat.

Menurut data, PMS mempengaruhi 3 di antara 4 wanita subur dan diperkirakan mempengaruhi 70-90 persen wanita yang masih mengalami menstruasi. Dan menurut data tersebut pula, terdapat lebih dari 150 gejala berkaitan dengan PMS.

Nah, setelah mengetahui penyebab dan gejala PMS seperti di atas, kita juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengurangi efek PMS. Jangan sampai gejala PMS mempengaruhi diri dan aktifitas kita terlalu jauh.

Yang paling utama adalah dari segi makanan. Ada beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumi menjelang menstruasi untuk mengurangi PMS, yaitu sayuran dan buah-buahan, khususnya kubis dan brokoli; berbagai tumbuhan polong-polongan, termasuk soya dan buncis; karbohidrat kompleks termasuk dari pasta, roti kentang, cereal, dan nasi; minyak ikan dan kacang-kacangan, dan minum air putih yang cukup. Selain itu Anda mengkonsumsi suplemen Vitamin B kompleks, Vitamin E, dan Magnesium.

Selebihnya usahakan tetap melakukan aktifitas dengan tenang, jangan terlalu menuruti mood Anda. Dan jika sudah merasa lelah, beristirahatlah sejenak agar kita tidak mengalami stress yang dapat memperburuk gejala PMS.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Permalukan Webmu dengan Spamming ya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting

Copyright 2012 Awan ukaya: Tips Mengurangi Gejala PMS Template by Bamz | Publish on Bamz Templates