Rabu, 03 Agustus 2011

Tips Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai



Memiliki mobil sendiri merupakan satu kebanggaan dan kemudahan. Dengan mobil pribadi, Anda bisa pergi kemanapun dan kapanpun dibutuhkan. Tapi bagaimana jika ternyata Anda justru terlalu sibuk dan tidak sempat menggunakan mobil Anda sendiri? Tentunya Anda tidak ingin mobil Anda menjadi terlantar dan rusak justru karena jarang dipakai.



Berikut adalah beberapa tips agar mobil tetap terawat, meski jarang dipakai:

- Cuci mobil sebelum ditinggalkan. Pastikan mobil Anda dalam keadaan bersih sebelum Anda sibuk meninggalkannya.

- Usahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak menempel lantai
Caranya, cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack. Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu cukup lama biasanya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa tidak nyaman.

- Ganjal wiper dengan busa/kayu
Bila terus bersentuhan dengan kaca mobil, karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya karet tersebut (yang biasa disebut karet mati) akan terasa kasar saat kelak dipergunakan untuk membasuh kaca depan mobil Anda.

- Bebaskan posisi rem tangan
Ini penting karena alau dibiarkan dalam keadaan rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama, akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang memiliki tromol di roda belakang.

Selain 4 tips diatas, Anda juga perlu melepaskan aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu dan menaruh pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover agar mobil Anda tetap dalam keadaan baik, bersih, dan harum selama tidak digunakan. Kini Anda bisa tenang meninggalkan mobil Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Permalukan Webmu dengan Spamming ya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting